Sunnah Kepada Mertua yang Semakin Banyak Ditinggalkan

Terdapat banyak konflik suami dan juga istri yang dimulai dengan bermasalahnya komunikasi mereka dengan mertua. kedua belah pihak terasa layak buat memenangkan perdebatan sampai perkara didiamkan begitu aja ataupun terdapat pihak yang jadi terdakwa, dan juga pihak yang lain terasa senantiasa benar, enggan disalahkan walaupun galat.

dalam interaksi antara menantu dan juga mertua, sejatinya kita mempunyai contoh yang sangat paripurna dari wujud rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. dia menggambarkan menantu dari sahabatnya - sayyidina abu bakar ash - shiddiq dan juga sayyidina ‘umar bin khaththab radhiyallahu ‘anhuma - , pula mertua dari wujud berjuluk kunci ilmu pengetahuan, sayyidina ‘ali bin abi thalib.

dalam konteks ikatan harmonis antara menantu dan juga mertua, terdapat begitu banyak teladan yang kerap dilewatkan oleh kalangan muslimin. sementara itu bila diamalkan, teladan ini tentu membagikan hasil yang sangat maksimal dan juga berguna buat mencapai senang dan juga barakah dalam rumah tangga.

ayo jadi saksi mata, betapa nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam merupakan wujud yang amat dekat ikatan ukhuwahnya dengan sayyidina abu bakar ash - shiddiq radhiyallahu ‘anhu. rasulullah jadi menantu abu bakar lantaran menikahi ummul mukminin ‘aisyah radhiyallahu ‘anha.

dan juga abu bakar merupakan wujud yang amat dicintai oleh nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dari golongan pria sebagaimana jawaban yang dia sampaikan kala ditanya oleh teman mulia amru bin ‘ash radhiyallahu ‘anhu.

abu bakar pula jadi orang kesatu yang membela rasulullah semenjak keduanya belum menjalakan ikatan menantu dan juga mertua. abu bakar pula menggambarkan wujud pengganti nabi bagaikan pemimpin kalangan muslimin sehabis manusia amat mulia di segala era itu meninggal.

mertua yang lain yang amat disegani oleh nabi yakni sayyidina ‘umar bin khaththab radhiyallahu ‘anhu. dia jadi mertua sehabis nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menikahi wujud ummul mukminin hafshah radhiyallahu ‘anha, wujud yang diketahui pakar tahajjud dan juga puasa sunnah.

‘umar bin khaththab yakni orang kedua yang amat diicntai nabi sehabis abu bakar ash - shiddiq. dan juga kita menjumpai, terdapat begitu banyak riwayat nan mengesankan antara keduanya.

salah satunya, ‘umar bin khaththab sempat dipuji bagaikan wujud yang ditakuti setan, terlebih lagi setan hendak memilah jalur tidak hanya yang dilewati oleh ‘umar bin khaththab radhiyallahu ‘anhu.

wahai para menantu, sudahkah kita meneladani rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam perihal ini? bila belum, normal bila kita bermasalah dengan mertua. karena bila sunnah nabi ini diamalkan, insya allah kedekatan dengan mertua hendak tetap berposisi dalam kebaikan dan juga keberkahan.

wallahu a’lam.





(sumber: keluargacinta. com)

0 Response to "Sunnah Kepada Mertua yang Semakin Banyak Ditinggalkan"

Posting Komentar

wdcfawqafwef