Bikin Haji Tandingan, Tahun Ini Sejuta Syiah Iran Naik Haji di Karbala

Otoritas irak berkata kalau tahun 1437 h (2016 meter) ini, dekat satu juta masyarakat syiah iran telah mendatangi irak buat melakukan “haji” tipe mereka, ataupun yang mereka sebut ‘ziarah arafah‘. mereka mendatangi kuil imam husain di karbala.

sebagaimana dikutip portal piyungan dari sky news arabia pada sabtu (10/9) , ramainya peziarah dari iran merupakan sehabis keluarnya fatwa ali khameini, pemimpin paling tinggi syiah iran, di mana ia membolehkan pemeluk syiah buat “berhaji” ke “tempat suci” syiah yang terletak di karbala tersebut.

penerapan ibadah “haji” tipe iran ini dibiayai seorang diri oleh pemerintah negara pusat syiah tersebut.

irak menempatkan petugas dan juga pelayan jamaah “haji” yang dihadirkan langsung dari iran. para pelayan tersebut diambil dari pihak keamanan iran.

bagi juru bicara kementrian dalam negara irak, jamaah “haji” dari iran tersebut masuk lewat perbatasan di sebelah timur irak, jumlahnya menggapai satu juta jiwa. mereka menamakan kunjungan mereka dengan ‘ziarah arafah‘, juru bicara departemen tersebut mengatakan.

usaha iran memecah belah umat islam amat nampak dengan membelokkan ibadah haji yang sepatutnya ke makkah, arab saudimenjadi ke karbala di irak.

saat sebelum penerapan ibadah haji tahun ini, terdengar rezim syiah iran menghujat kerajaan saudi dengan begitu keras.

iran disinyalir “cemburu” memandang saudi yang memegang kendali penerapan haji umat islam sejagat, itu sebabnya dikala ini iran mengambil alih kendali kunjungan ke karbala dan juga memahami “tempat suci” kalangan syiah tersebut paling utama dari sisi ekonomi.




(sumber: antiliberalnews. com)


0 Response to "Bikin Haji Tandingan, Tahun Ini Sejuta Syiah Iran Naik Haji di Karbala"

Posting Komentar

wdcfawqafwef