4 Amalan Ini Bisa Mengubah Taqdir Buruk

Takdir menggambarkan sesuatu ketetapan dari allah swt buat semesta alam tercantum kepada umat manusia. sampai - sampai tidak hendak terjalin suatu whatever kecuali atas kuasa dan juga kehendak allah swt. karena dialah rabb yang maha kuasa.

hendak namun nyatanya terdapat sebagian amalan yang apabila dicoba hingga mampu merubah takdir seorang, dari takdir yang kurang baik jadi takdir yang baik. salah satunya dengan berdoa. sebagaimana yang disebutkan oleh rasulullah saw kalau doa menggambarkan aspek yang mampu mengganti takdir seorang.

dan juga bukan cuma itu aja, karena terdapat 3 aspek ataupun amalan yang lain yang pula dapat merubah takdir seorang. terlebih lagi perihal ini telah dipaparkan dalam al - qur’an dan juga hadits. dan juga inilah amalan - amalan yang dapat merubah takdir.

1. berdoa
sebagaimana yang telah disebutkan kalau doa menggambarkan salah satu amalan yang dapat merubah takdir. sampai - sampai doa yang diucapkan dengan kepercayaan sepenuh hati diharapkan mampu menembus ‘arsy sampai allah ta’ala berkenan menakdirkan keterkabulan atas apa yang dimohon oleh hamba - nya.

sebagaimana rasulullah saw bersabda, “tidak terdapat yang mampu menolak taqdir (syarat) allah ta’aala tidak hanya do’a. dan juga tidak terdapat yang mampu menaikkan (memperpanjang) usia seorang tidak hanya (perbuatan) baik. ” (hr tirmidzi 2065)

2. amal kebaikan
dalam suatu hadits rasulullah saw pula berkata kalau melaksanakan amalan kebaikan serupa ibadah, berbuat baik dan juga sebagainya mampu mengganti suatu yang kurang baik yang telah didefinisikan oleh allah swt.

rasulullah saw bersabda, “beramallah kalian sekaligus, karna beramal (berbuat kebaikan/ibadah) hendak mengganti suatu yang kurang baik yang telah ditentukan - nya padamu” (hr. bukhori dan juga muslim).

“tiada yang mampu menaikkan usia seorang, tidak hanya (amal) kebaikan. ” (hr. ahmad dan juga thabrani)

3. bersedekah
amalan berikutnya yang pula dapat merubah takdir merupakan dengan bersedekah. sebagaimana sabda rasulullah saw kalau,

“sesungguhnya sedekah itu mampu memadamkan kemarahan allah dan juga menolak syarat yang kurang baik. ” (hr. tirmidzi).

“bersegeralah bersedekah, karna bala tidak sempat mendahului sedekah. ” (hr. thabrani).

“sesungguhnya sedekah dan juga silaturahim itu mampu menaikkan usia dan juga menolak syarat kurang baik yang tidak disukai dan juga mau dijauhi. ” (hr. abu ya’la alhambali).

4. berupaya dengan sungguh - sungguh
amalan terakhir yang pula dapat merubah takdir merupakan berupaya dengan serius. alasannya allah swt telah menakdirkan kalau usaha seseorang hamba menggambarkan amalan yang dapat merubah takdirnya. karena yakni yang menjadikan seseorang hamba setimpal dengan apa yang telah diusahakannya.

sebagaimana firman allah swt kalau, “sesungguhnya allah tidak mengganti kondisi suatu kalangan sampai - sampai mereka mengganti kondisi yang terdapat pada diri mereka seorang diri. ” (qs. ar - ra’du: 11)

demikianlah pembahasan menimpa 4 amalan yang dapat merubah takdir. tetapi sebetulnya keempat amalan ini menggambarkan sesuatu wujud usaha yang dapat dicoba oleh seseorang manusia dengan harapan allah swt berkenan merubah takdir yang kurang baik jadi takdir yang lebih baik. oleh karena itu sehabis kita melaksanakan amalan - amalan tersebut, hingga langkah terakhir yang wajib dicoba merupakan dengan bertawakal. ialah memasrahkan dengan sepenuh hati kepada allah swt sehabis melaksanakan usaha yang optimal.

sebagaimana firman allah swt, “barangsiapa bertawakkal kepada allah, hingga ia hendak memadai seluruh kebutuhannya. ” (qs. ath - thalaq: 3)





(sumber: syurgawi. com)

wdcfawqafwef