Inilah 10 Jenis Sholat yang Tidak Diterima Allah

Rasulullah saw bersabda: “islam dibentuk di atas 5 perihal; bersaksi kalau tidak terdapat sesembahan yang berhak disembah dengan benar kecuali allâh dan juga nabi muhammad merupakan utusan allâh, menegakkan shalat…. ” (hr bukhâri dan juga muslim).

seseorang muslim tentu sudah mengerti betul kalau sholat menggambarkan tiang dari dien ini. oleh karna itu, kala muadzin mengumandangkan adzan, kalangan muslimin berbondong - bondong menghadiri rumah - rumah allâh ta’ala, mengambil air wudhu, setelah itu berbaris apik di balik imam shalat mereka. mulailah kalangan muslimin tenggelam dalam diskusi dengan allâh ta’ala dan juga begitu khusyu’ menikmati shalat hingga imam mengucapkan salam. dan juga sehabis usai, tiap - tiap berulang pada aktifitasnya.

imam hasan al - bashri rahimahullâh sempat berkata: “wahai, anak manusia. shalat merupakan masalah yang mampu menghalangimu dari maksiat dan juga kemungkaran. bila shalat tidak menghalangimu dari kemaksiatan dan juga kemungkaran, hingga hakikatnya engkau belum shalat”.

dalam peluang lain, rasulullah saw pula bersabda: “barang siapa yang memelihara sholat, hingga sholat itu bagaikan sinar menurutnya, petunjuk dan juga jalur selamat dan juga barangsiapa yang tidak memelihara sholat, hingga sebetulnya sholat itu tidak jadi sinar, dan juga tidak pula jadi petunjuk dan juga jalur selamat menurutnya. ” (tabyinul mahaarim).

setelah itu rasulullah saw pula bersabda kalau: “10 orang sholatnya tidak diterima oleh allah swt, di antara lain:

lelaki yang sholat sendirian tanpa membaca suatu.
lelaki yang mengerjakan sholat namun tidak keluarkan zakat.
lelaki yang jadi imam, sementara itu orang yang jadi makmum membencinya.
lelaki yang melarikan diri.
lelaki yang minum arak tanpa ingin meninggalkannya (taubat).
wanita yang suaminya marah kepadanya.
wanita yang mengerjakan sholat tanpa mengenakan cadar.
imam ataupun pemimpin yang sombong dan juga zalim menganiaya.
orang - orang yang suka makan riba’.
orang yang sholatnya tidak mampu menahannya dari melaksanakan perbuatan yang keji dan juga munkar. ”

sabda rasulullah saw, “barang siapa yang sholatnya itu tidak mampu menahannya dari melaksanakan perbuatan keji dan juga mungkar, hingga sebetulnya sholatnya itu cuma meningkatkan kemurkaan allah swt dan juga jauh dari allah. ” hassan r. a mengatakan : “kalau sholat kalian itu tidak mampu menahan kalian dari melaksanakan perbuatan mungkar dan juga keji, hingga sebetulnya kalian dikira orang yang tidak mengerjakan sholat. dan juga pada hari kiamat nanti sholatmu itu hendak dilemparkan semula ke arah mukamu serupa satu bungkusan kain tebal yang kurang baik. ”





(sumber: islampos. com)

wdcfawqafwef