Kisah Para Nabi Pembawa Kitab Suci Dari Langit

Cerita para nabi; teman ihram acapkali kita mengucap lafadz shoda qallahul adziiimm yang berarty “maha benar allah dengan seluruh firman nya…”. demikian lafadz yang dipakai buat mengakhiri teks a - qur’an yang menggambarkan kitab suci umat muslim. berdialog tentang kitab suci, mengimani keberadaan 4 kitab suci allah yang telah di turunkan kepada nabi dan juga rasul terdahulu merupakan kewajiban absolut.

bukankah kitab tersebut merupakan fakta rekaman kebenaran firman dan juga fakta nyata firman nya buat nabi dan juga umat - umat nya, sampai - sampai kitab suci merupakan pedoman dan juga sumber hukum kesatu dalam agama. bagaikan sumber hukum ataupun pedoman tentu kitab suci bukanlah di informasikan kepada sembarang orang, juga kepada nabi - nabi pembawanya. tentu mereka tidaklah wujud manusia yang biasa tanpa kelebihan dan juga karomah opsi. berikut cerita menarik 4 nabi yang dipercayai allah bagaikan penjaga kitab - kitab allah di dunia:

1. nabi daud, owner suara surga pembawa kitab zabur
cerita para nabi; diantara mukjizat nabi daud ialah besi mampu dilunakkan serupa parafin dan juga mampu dirubah sekehendaknya tanpa mengenakan api ataupun perlengkapan whatever. dari besi itu pula dia mampu membikin pakaian besi yang dikokohkan dengan tenunan dari bulatan - bulatan rantai yang berkesinambungan jalin - menjalin. tipe pakaian ini membikin pemakainya leluasa bergerak. tidak kaku serupa pakaian besi yang terbuat dari besi lembaran. nabi daud pula dikaruniai suara yang amat merdu sekali. lagi kitab. nabi daud merupakan penerima kitab zabur yang berisi dzikir dan juga qasidah - qasidah indah. diceritakan nabi daud mempunyai sebagian mu’jizat salah satunya merupakan suara yang amat merdu dan juga indah. kala dia lagi membaca kitab zabur seakan - akan terdapat alam turut berdzikir menyanjung allah, secara jelas ditafsirkan dalam firman allah swt :

“sesungguhnya kami menundukkan gunung - gunung buat bertasbih berbarengan ia (daud) pada waktu petang dan juga pagi. dan juga (kami tundukkan pula) burung - burung dalam kondisi terkumpul. tiap - tiap sangat taat kepada allah dan juga kami kuatkan kerajaannya dan juga kami bagikan kepadanya hikmah dan juga kebijaksanaan dalam menuntaskan masalah”. (surah sad 38: 18 - 20) ”

2. nabi musa, penjaga taurat dengan mu’jizat tongat ularnya
cerita para nabi; nabi musa as menggambarkan anak pria imran bin yash - har, dan juga bersaudara dengan nabi harun as. nabi musa as dilahirkan pada waktu era fir’aun memahami mesir. fir’aun merupakan wujud pemimpin yang kejam dan juga amat sombong. gimana tidak, dengan kekuasaannya dia terlebih lagi mengakui pribadinya bagaikan tuhan dan juga memerintahkan rakyatnya buat menyembahnya. nabi musa merupakan salah satu generasi bani israil yang sebelumnya terancam dibunuh oleh fir; aun tetapi malah dengan kuasa allah dikala nabi musa di hanyutkan disungai nil oleh kedua orang tuanya supaya tidak terbunuh oleh fir’aun balita kecil musa malah diselamatkan oleh istri fir’aun dan juga dirawatnya sebgai seseorang putra. subhanallah begitulah kuasa allah terhadap nabi nya. dikala berusia mengenali kondisi mesir yang tidak semestinya musa telah memilliki gejolak tidak aman di istana mesir sampai - sampai dia keluar dari mesir.

sebagian tahun dia mengembara, mencari tau jati pribadinya, tidak dielak kerinduan hendak tanah kelahiran dia ras. dia memutuskan berulang ke mesir. dalam ekspedisi sampailah dia di lembah thua’. nabi musa as meletakkan kedua tangannya di atas kedua matanya karna saking dahsyatnya sinar. dia melaksanakan yang demikian itu bagaikan usaha buat melindungi kedua matanya. setelah itu nabi musa as bertanya dalam dirinya”

“ini sinar ataupun api? ” datang datang dia tersungkur ke tanah bagaikan bentuk kerasa cemas, kemudian allah swt memangggil :

sebetulnya saya inilah tuhanmu, hingga tinggalkanlah kedua terompahmu, sebetulnya kalian berposisi di lembah yang suci, thuwa’ (qs. 20 : 12)

cerita para nabi; nabi musa as ruku dan juga melepas kedua sandalnya, setelah itu allah swt berulang mengatakan : “dan saya telah memilah kalian, hingga dengarkanlah apa yang hendak diwahyukan (kepadamu). sebetulnya saya ini merupakan allah, tidak terdapat tuhan (yang hak) tidak hanya saya, hingga sembahlah saya dan juga dirikanlah shalat buat mengingat saya. sebetulnya hari kiamat itu hendak tiba. saya merahasiakan (waktuhny) supaya biar masing - masing tipa dari itu dibalas dengan apa yang diusahakan. hingga sekali - kali janganlah kalian dipalingkan darinya oleh orang yang tidak beriman kepadanya dan juga oleh orang yang menjajaki hawa nafsunya, yang menimbulkan kalian binasa. “qs. 20 : 13 – 16)

nabi musa as terus menjadi gemetar dikala dia menerima wahyu ilahi dan juga dikala berdialog dengan allah swt. allah yang maha pengasih dan juga penyayang itu mengatakan. setelah itu dia mendengar suara itu : “dan lemparkanlah tongkatmu”, hingga tatkala (tongkat itu jadi luar) dan juga musa melihatnya bergerak - gerak serupa seekor ular yang gesit. larilah dia berputar kebelakang tanpa menoleh. “hai musa, janganlah kalian cemas, sebetulnya orang jadi rasul, tidak cemas di hadapanku” (qs 27 : 10)

“hai musa, datanglah kepadaku dan juga janganlah kalian cemas. sebetulnya kalian tercantum orang - orang yang aman” (qs. 28 : 310

cerita para nabi; nabi musa as mengulurkan tangannya ke ular itu dalam kondisi menggigil. nabi musa as belum pernah menyentuhnya sampai - sampai ular itu jadi tongkat. demikianlah perintah allah swt terjalin dengan kilat. setelah itu allah swt memerintahkan kepadanya :

nabi musa as terasa tenang dan juga terdiam. setelah itu allah swt memerintahkan kepadanya sehabis dia memandang kedua mukjizat itu, ialah mukjizat tangan dan juga mukjizat tongkat buat berangkat menemui firaun dan juga berdakwah kepadanya dengan penuh kelembutan dan juga kasih sayang, dan juga allah swt memerintahkan kepadanya buat keluarkan bani israil dari mesir. demikianlah cerita nabi musa dikala kesatu kali menerima wahyu kenabiannya dan juga menerima perntah berdakwah. secara logika begitu yang demikian diluar batasan penalaran kita sebgai manusia biasa. wallahu a’lam

3. nabi isa, anak dari maryam sang wanita suci
cerita para nabi; dalam sejarah tentu banyak dikisahkan gimana dikala kelahiran nabi isa, ibunya banyak memndapat cemohan dan juga tuduhan karna melaihkan tanpa seseorang suami. dikala seperti itu dengan kuasa allah balita kecil isa berdialog dan juga berkata firman nya :

“sesungguhnya saya ini hamba allah, ia memberiku al - kitab (injil) dan juga ia menjadikan saya seseorang nabi. dan juga ia menjadikan saya seseorang yang diberkati di mana aja saya berposisi, dan juga ia memerintahkan kepadaku (mendirikan) salat dan juga (menunaikan) zakat sepanjang saya hidup; dan juga berbakti kepada ibuku, dan juga ia tidak menjadikanku seseorang yang sombong lagi celaka. dan juga kesejahteraan mudah - mudahan dilimpahkan kepadahu, pada hari saya dilahirkan, pada hari saya wafat dan juga pada hari saya dibangkitkan hidup berulang. ” (qs. maryam: 30 - 33)

hingga tidak mampu didustai hendak kebesaran allah yang telah mensucikan maryam dan juga menjadikan dia perempuan dengan derajat paling tinggi diantara perempuan lain. dikisahkan dalam alqur’an gimana maryam dikunjungi oleh jibril dan juga menemukan wahyu hendak kehamilannya. malam itu maryam mendengar suara derap kaki yang mengguncang bumi. dia tidak mendengar suara kaki yang berjalan, namun dia mendengar suara kaki yang menetap di atas batu dan pasir. maryam merasakan ketakutan.

“sesungguhnya saya berlindung daripadamu kepada tuhan yang maha pemurah, bila kalian seseorang yang bertakwa. ” (qs. maryam: 18)

maryam berlindung di dasar lindungan allah swt dan juga dia bertanya kepadanya, “apakah engkau manusia yang kenali allah swt dan juga bertakwa kepadanya? ” setelah itu orang itu tersenyum dan juga mengatakan:

“sesungguhnya saya ini cumalah seseorang utusan tuhanmu, buat memberimu seseorang anak pria yang suci. ” (qs. maryam: 19)

setelah itu terngianglah di kepala maryam kalimat: “aku merupakan seseorang utusan tuhanmu. ” bahwa begitu, ia merupakan penghulu para malaikat, ruhul amin (jibril) yang telah berbeda bentuk jadi manusia.

demikian kala malaikan jibril mengabarkan kepada maryam secara langsung, begitu besar karomah maryam bagaikan perempuan opsi. maha besar allah dengan kehendak - nya.

4. nabi muhammad saw
cerita para nabi; siapa yang tidak mengakui keagungannya? hingga begitu dia merupakan seseorang yang munafik. nabi muhammad, dia diakui oleh seseorang ilmuan amerika bagaikan seseorang manusia mulia yang masuk satu dari 100 orang yang amat bawa pergantian di dunia. dia mempunyai peragai yang mulia dengan jiwa kepemimpinan yang amat pantas diteladani, semenjak muda dia diketahui bagaikan wujud angkatan laut (AL) amin (yang dipercaya) di antara kamumnya. perihal itu terlebih lagi saat sebelum kenabiannya, dalam suatu cerita sesuatu hari makkah dilanda banjir bandang sampai - sampai ka’bah hadapi sebagian kehancuran.

setelah itu para pemuka quraisy dan juga masyarakat makkah melaksanakan revisi dengan penuh kekeluargaan, sampai datang dikala peletakan batu gelap hajar aswad timbullah pertentangan diantara para pemuka yang terasa amat pantas buat melaksanakan tugas tersebut. perselisihan berlangsung alot sampai muncullah konvensi hendak ditunjuk seseorang hakim, dia merupakan orang yang sehabis dikala itu keluar kesatu kali dari masjidil haram, muhammad. yakni yang sehabis itu jadi hakim, dengan tenang dia setelah itu berfikir, dan juga memohon suatu kain. dia meletakkan batu gelap hajar aswad dan juga memohon segala pemuka quraisy buat memegang tiap penggalan kain tersebut dan juga mengangkut berbarengan hajar aswad ke tempatnya berulang. tidak disangka yang demikian begitu sesuatu pemikiran yang amat bijak sampai - sampai segala pemuka quraisy terasa lega dan juga tidak lagi berselisih.

demikian kisah - kisah para nabi menarik 4 nabi allah dan juga cerita lham dan wahyu allah yang amat luar biasa terhadap mereka. bila dinalar begitu keahlian melunakkan besi nabi daud, berubahnya tongkat kayu nabi musa jadi ular, kemudian balita kecil isa yang sanggup berdialog dan juga kebijaksanaaan pemikiran nabi muhammad merupakan perihal yang tidak hendak terjalin tanpa kehendaknya. hingga bagaikan umat yang mengimani nya, malaikat, kitab, nabi dan juga qoda’ qodar nya kita tidak hendak jadi penggalan dari kesombongan dunia. karna manusia cuma penggalan kecil aja dari kebesarannya. mudah - mudahan cerita 4 nabi pembawa kitab suci diatas sanggup menaikkan khasanah keimanan kita kepada allah swt. amiinn





(sumber: islamidia. com)


0 Response to "Kisah Para Nabi Pembawa Kitab Suci Dari Langit"

Posting Komentar

wdcfawqafwef