Keutamaan Membaca Surat Al Ikhlas

Tulisan (AL) ikhlas menggambarkan tulisan ke 112. tulisan pendek yang terdiri dari 4 ayat ini nyatanya mempunyai banyak khasiat lho, apa aja? ikuti ulasannya berikut:

setara dengan sepertiga alquran

rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda, “demi yang jiwaku berposisi di tangan - nya, sebetulnya tulisan ini sebanding dengan sepertiga alquran. ” (hr. bukhari nomor. 6643).

dari abu darda’ dari nabi shallallahu ’alaihi wa sallam, dia shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda, “apakah seseorang di antara kamu tidak sanggup buat membaca sepertiga alquran dalam tadi malam? ” mereka berkata, ”bagaimana kami dapat membaca sepertiga alquran? ” kemudian nabi shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda, ”qul huwallahu ahad itu sebanding dengan sepertiga alquran. ” (hr. muslim nomor. 1922)

an nawawi berkata, dalam riwayat yang yang lain dikatakan, ”sesungguhnya allah membagi alquran jadi 3 penggalan. kemudian allah menjadikan tulisan qul huwallahu ahad (tulisan (AL) ikhlash) jadi satu penggalan dari 3 penggalan tadi. ” kemudian (AL) qodhi berkata kalau (AL) maziri mengatakan, ”dikatakan kalau maknanya merupakan alquran itu terdapat 3 penggalan ialah membicarakan (1) kisah - kisah, (2) hukum, dan juga (3) sifat - sifat allah. sebaliknya tulisan qul huwallahu ahad (tulisan (AL) ikhlash) ini berisi ulasan menimpa sifat - sifat allah. oleh karna itu, tulisan ini diucap sepertiga alquran dari penggalan yang terdapat. ” (syarh shohih muslim, 6/94).

walaupun demikian, membaca satu alquran senantiasa lebih baik dan juga tidak tergantikan.

dicintai allah

hadits a’isyah radhiyallahu ‘anha, dia mengatakan:

“sesungguhnya nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengutus seorang kepada sekelompok pasukan, dan juga kala orang itu mengimami yang yang lain di dalam salatnya, dia membaca, dan juga mengakhiri (bacaannya) dengan قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ, hingga tatkala mereka berulang kembali, mereka menggambarkan perihal itu kepada rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, kemudian dia juga bersabda: “tanyalah dia, kenapa dia berbuat demikian? ” kemudian mereka bertanya kepadanya. dia juga menanggapi: “karena tulisan ini (memiliki) watak ar rahman, dan juga saya menyayangi buat membaca tulisan ini, ” kemudian nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “beritahu ia, sebetulnya allah juga mencintainya”.

melindungi seorang bila dibaca berbarengan dengan tulisan lain

hadits uqbah bin ‘amir  (AL) juhani radhiyallahu ‘anhu, dia mengatakan:

“tatkala saya menuntun kendaraan rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam suatu peperangan, seketika dia mengatakan: “wahai uqbah, katakan, ” saya juga mencermati, setelah itu dia mengatakan (lagi) : “wahai uqbah, katakan, ” saya juga mencermati. dan juga dia mengatakannya hingga 3 kali, kemudian saya bertanya: “apa yang saya katakan? ” dia juga bersabda: “katakan قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ”, kemudian dia membacanya hingga tuntas. setelah itu dia membaca قُلْ أَعُوْذُ بِرَبِّالفَلَقِ, saya juga membacanya bersamanya sampai tuntas. setelah itu dia membaca قُلْ أَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِ, saya juga membacanya bersamanya sampai tuntas. setelah itu dia bersabda: “tidak terdapat seseorang juga yang berlindung (dari seluruh keburukan) serupa orang - orang yang berlindung dengannya (3 tulisan) tersebut”.




(sumber: menatahidup. com)

0 Response to "Keutamaan Membaca Surat Al Ikhlas "

Posting Komentar

wdcfawqafwef