Kalau Dalam Sholat Bisa Sabar, Dalam Kehidupan Sehari-hari Juga Akan Sabar

Apa arti dari ayat “wasta’iinuu bish shabri was shalaah; tolong menolonglah dalam kesabaran dan juga salat”? kita mengambil arti yang amat dasar dahulu mengingat kalimat ayat tersebut berhubungan dengan dunia tasawwuf. tarbiyah tasawwuf kesatu kali merupakan bersumber pada wasta’iinuu bish shabri was shalaah.

orang - orang yang ma’rifat ataupun kalangan ‘arifin kala mendengar panggilan adzan ataupun perintah shalat, hati beliau - beliau tergugah dan juga bahagia. mau lekas penuhi panggilan salat. menyangka panggilan itu merupakan kehormatan, bukan beban. gimana dengan kita kala adzan berkumandang?

(terdapat suatu cerita) bagaikan cerminan, tanpa bermaksud membandingkan allah dengan makhluq –na’uuzhubillah min dzalik, cuma buat mempermudah uraian.

kala santri terpanggil kiai, hati itu mau matur ini itu, terdapat hajat ini itu, macam - macam. senangnya pula bukan main. sementara itu kala sudah berhadapan, hanya dapat diam. tidak dapat ngomong apa - apa. yang terdapat hanya kerasa bahagia luar biasa terpanggil kiai. sedangkan sahabat dikamar sudah menunggu buat menanyainya, mampu perintah apa dari kiai? mampu dawuh apa? macem - macam persoalan.

lhah para ‘arifin serupa itu (keadaannya) kala menerima panggilan salat. beliau - beliau menanti. terlebih lagi pengennya salat itu gak hanya 4 rakaat. tetapi bahwa kita orang awam ini, mendengar adzan kaget, kok cepet ya sudah ashar? masih padat jadwal dengan urusannya. tidak lekas salat.

di sinilah peranan wasta’inu bus shabri wash shalah, dapat melawan tantangan nafsu ataupun malah turut nafsu. butuh diingat kalau menunda - nunda waktu shalat itu sama dengan mengabaikan pertolongan yang ditawarkan oleh allah. hingga hati butuh ditata dahulu supaya dapat menerima secara sukarela ataupun bahagia dengan perintah shalat ataupun datangnya waktu shalat. sampai - sampai kala waktu salat tiba itu ibarat orang dagang yang mampu keuntungan karna pembeli yang membeli dagangannya, bahagia.

jadi, dikala menjelang takbiratul ihram hati bahagia dan juga saat sebelum takbiratul ihram hati hudhur. hudhur buat mendatangkan isti’anah, hudhur saat sebelum sowan menghadap hadhratillah. awam wajib belajar tingkatan ini dahulu. kemudian peranan “bish shobri” apa?

salat itu butuh kesabaran. kepribadian seorang yang nampak tabah dapat dikenal betul - betul tabah ataupun pura - pura itu dilihat shalatnya. salatnya buru - buru ataupun tidak.

jangan tiru salatnya ‘arifin yang kilat. beliau - beliau shalat kilat karna cemas hilangnya hudhur sampai - sampai ghaflah dalam salat. bish shabri itu membantu dalam gerakan shalat, makhraj yang dibaca, rukun - rukun dan juga sunah - sunah shalat. membaca secara jelas. allah paham apa yang kita baca. tetapi secara adab kita wajib membaca secara jelas.

bish shabri pula mendidik kita dalam thuma’ninah fis shalah dan juga teks yang baik. bahwa bish shobri wash shalah sudah diraih, buahnya merupakan kesatu buat kehidupan tiap hari. karna seluruh aspek hidup perlu tabah.

tabah dilatih dalam shalat. bahwa dalam shalat dapat tabah, hingga begitu pula dalam kehidupan tiap hari. bahwa tidak memiliki tabah hingga repot. serupa kita memiliki orang tua yang sudah sakit - sakitan. sepanjang mana kesabaran kita mengurusi, mengasuh orang tua? dapat tabah melayani tidak? bagaikan santri apa terima kasih pada orang tua? apa kita mengerti jerih payah orang tua mencari rizqi? bahwa kiriman orang tua telat, apa kita hendak marah - marah menyalahkan orang tua terlebih lagi nyuruh orang tua hutang? sepanjang mana tabah kita?

buah kedua merupakan dapat mengaplikasikan ayat “innash shalaata tanhaa ‘anil fakhsyaa - i wal munkar: sebetulnya salat menghindari dari kekejian dan juga kemunkaran. ”

pertanyaannya merupakan, mengapa shalat mempengaruhi besar pada hidup kita? karna setimpal hadits; “awwalu maa yuhaasabu yaumal qiyaamah ash - shalaah: perihal kesatu yang nanti dihisab di hari kiamat merupakan salat”, yang menampilkan kompleksitas peranan shalat dalam hidup. dan juga hadits tersebut masih satu rentetan dengan wasta’iinuu bish shobri wash shalah, sampai - sampai melahirkan innash shalaata tanhaa ‘anil fakhsyaa - i wal munkar. hadits tersebut pula menampilkan kalau shalat merupakan kunci seluruh ibadah, dan juga kenaikan ubudiyyah berangkat dari shalat.

ibaratnya, aku beli beras satu truk. tetapi terdapat 1 karung yang jadi tolak ukur. bahwa 1 karung itu bagus, hingga seluruh dikira bagus. walhasil, tabah dan juga salat itu menciptakan buah yang mempengaruhi besar dalam kehidupan tiap hari. wallahu a’lam.




(sumber: muslimoderat. com )

0 Response to "Kalau Dalam Sholat Bisa Sabar, Dalam Kehidupan Sehari-hari Juga Akan Sabar"

Posting Komentar

wdcfawqafwef