Rezeki Seret? Lakukan 10 Amalan Ini Agar Rezeki Lancar

Padat jadwal, padat jadwal dan juga padat jadwal. bisa jadi seperti itu sebab kita yang sedikit lalai dengan ibadah, sementara itu ibadah itu malah memudahkan aliran rezeki. lakukanlah minimun istighfar dan juga stop maksiat.

manusia yang amat baik merupakan mereka yang banyak membagikan manfat buat teman . subhanallah, nyatanya rahasianya di sana. dengan berbagi dan juga berikan khasiat buat teman , kehidupan kita dipastikan tidak hendak ketiadaan.

ibadah tentu amat luas maknanya, seluas samudera kehidupan kita ini. tetapi terdapat ibadah ringan yang insya allah dapat kita jalani. nah, berikut ini terdapat 10 amalan yang perbanyak kesempatan pembuka pintu rezeki dari allah swt.

1. menyempatkan diri buat ibadah
bahasanya aneh ya kelihatannya, ibadah kok disempat - sempatkan sih, tetapi seperti itu realitasnya. tanpa siuman, kita lebih bersemangat mengejar dunia, sampai - sampai ibadah terabaikan. makanya amat beruntung sekali bila kita sanggup menyempatkan diri buat beribadah di tengah - tengah banyak aktivitas kita.

begitu allah swt tidak hendak menyia - nyiakan dedikasi kita serupa firmannya dalam hadits qudsi,

“wahai anak adam, sempatkanlah buat menyembahku, hingga saya hendak membikin hatimu kaya dan juga menutup kefakiranmu. bila tidak melaksanakannya, hingga saya hendak memenuhi tanganmu dengan banyak aktivitas, dan juga saya tidak menutup kefakiranmu. ” (hr. ahmad, tirmizi, ibnu majah, dan juga (AL) hakim dari abu hurairah ra).

2. memperbanyak istighfar
apa ikatan antara istighfar dan juga rezeki? bisa jadi terdapat yang bertanya serupa itu, sementara itu dengan istighfar kita berarti mengaku salah dan juga lemah di hadapan allah swt. bahwa menyadari kelemahan, berarti spontan kita percaya dengan kehebatan allah swt memperkenalkan rezeki.

dipastikan pula olah rasulullah saw bersabda,

“barang siapa perbanyak istighfar, hingga allah swt hendak menghapuskan seluruh kedukaannya, menuntaskan seluruh perkaranya dan juga memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka - sangka. ” (hr. ahmad, abu daud, an nasa’i, ibnu majah dan juga (AL) hakim dari abdullah bin abbas ra).

dalam hadits lain diperjelas, rasulullah saw bersabda,

“barang siapa yang senantiasa beristighfar, hingga allah hendak menjadikan keluh kesah jadi kegembiraan, kesempitan jadi keleluasaan. ” (hr. ahmad dan juga abu daud).

berapa jumlah istighfarnya? tentu aja sebanyak - banyaknya, sekuat kita. minimun serupa uswah ataupun contoh nabi muhammad saw, paling tidak 70 - 100 kali tiap hari.

3. stop maksiat
nyatanya masih terdapat yang berfikir soal duit ataupun rezeki urusan usaha. tidak cuma itu, masih terdapat yang berani berkesimpulan urusan maksiat itu soal balasan akhirat. sementara itu kemaksiatan membatasi aliran rezeki dari allah swt. kemaksiatan juga jadi tembok yang membatasi permohonan ampun kita kepada allah swt.

rasulullah saw bersabda,

“dan seseorang lelaki hendak diharamkan menurutnya rezeki karna dosa yang diperbuatnya. ” (hr. tirmizi).

bentuk - bentuk kemaksiatan pastinya amat banyak, mulai dari kemaksiatan mata, maksiatnya lisan, maksiatnya hati, benak dan juga sebagainya.

4. ingat terus kepada allah swt
dalam bahasa agama diketahui dengan berzikir. begitu dengan banyak mengingat allah swt, hendak membikin hati tenang dan juga kehidupan merasa luas.

nah, kelapangan itu penggalan dari rezeki yang tidak ternilai karna cuma orng yang beriman aja yang mendapatkannya. allah swt berfirman,

الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ أَلا
بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

maksudnya:
“ (ialah) orang - orang yang beriman dan juga hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat allah. ingatlah, cuma dengan mengingati allah - lah hati jadi tenteram. ” (qa. ar ra’d: 28).

semisal aja sembari luangkan buat berzikir walaupun cuma dalam hati. senantiasa bertahmid bagaikan perkataan syukur tiap waktu. dapat pula mengawali tiap kegiatan dengan membaca basmallah.

5. berbakti pada orang tua
berbahagialah untuk yang masih memiliki orang tua. karena, terbuka peluang mendulang fadulah taat dan juga berbakti kepada keduanya. begitu, amalan yang satu ini tiada yang mengelak fadilahnya. dalam hadits riwayat dari imam ahmad, nabi muhammad saw berpesan, siapa yang mau panjang usia dan juga ditambahkan rezekinya, hingga hendaklah berbakti kepada bunda ayahnya dan juga menyambung tali kekeluargaan.

rasulullah saw bersabda,

“siapa berbakti kepada bunda ayahnya, hingga kebahagianlah untuknya, dan juga allah hendak memanjangkan usianya. ” (hr. abu ya’ala, at tabrani,  (AL) asybahani dan juga (AL) hakim).

minimun menyempatkan diri mendoakannya sehabis shalat fardhu. subhanallah…. mendoakan bunda ayah pula jadi karena mengalirnya rezeki.

rasulullah saw bersabda,

“apabila hamba itu meninggalkan berdoa kepada kedua orang tuanya, tentu terputuslah rezeki daripadanya. ” (hr.  (AL) hakim dan juga (AD) dailami).

6. suka menolong
berbuat baik kepada orang yang lemah, tercantum pula menggembirakan dan juga membahagiakan orang tua, orang yang sakit, anak yatim dan juga fakir miskin pula tercantum istri dan juga kanak - kanak kecil. rasulullah saw bersabda,

“tidaklah kalian diberi pertolongan dan juga diberi rezeki, melainkan karna orang - orang lemah di golongan kalian. (hr. bukhari).

7. hirau sesama
artinya merupakan betapa indahnya bila kita yidak cuma penuhi kebutuhan keluarga kita aja, tetapi pula sanggup penuhi kebutuhan teman . subhanallah… bila dapat jadi serupa itu, insya allah hendak jadi karena allah melapangkan rezeki. rasulullah saw bersabda,

“siapa yang menunaikan hajat saudaranya, hingga allah hendak menunaikan hajatna…, ” (hr. muslim).

8. giat silaturrahmi
subhanallah…amalan yang satu ini pula amat luar biasa fadilahnya. rasulullah saw bersabda,

“barang siapa mau dilapangkan rezekinya dan juga dilambatkan ajalnya, hingga hendaklah ia menghubungi sanak saudaranya. ” (hr. bukhari).

namun, silaturahim tidaklah berikan ataupun mendatangi orang yang biasa mendatangi kita. tetapi silaturahim lebih aktif, menyambung ikatan yang terputus supaya embali bersatu lagi. rasulullah saw bersabda,

“yang diucap bersilaturrahmi itu tidaklah seorang yang membalas kunjungan ataupun pemberian, melainkan bersilarurrahmi itu yakni menyambungkan apa yang telah putus. ” (hr. bukhari).

9. bersedekah
amalan yang satu ini tidak terbantahkan lagi barokahnya. sedekah mengundang rahmat allah swt dan juga jadi karena allah membuka pintu rezeki. nabi muhammad saw mengatakan kepada zubair bin angkatan laut (AL) awwam, rasulullah saw bersabda,

“hai zubair, ketahuilah kalau kunci rezeki hamba itu ditentang arsy, yang dikirim oleh allah azza wajalla kepada tiap hamba semata - mata nafkahnya. hingga siapa yang perbanyak pemberian kepada teman , tentu allah memperbanyakkan pula menurutnya. dan juga siapa yang menyedikitkan, tentu allah menyedikitkan menurutnya. ” (hr. (AD) daruquthni dari anas ra).

10. giat shalat dhuha dan juga tahajud
kedua ibadah ini benar amat dahsyat pengaruhnya dalam kesuksesan hidup kita. banyak sekali hadits yang menampilkan fadilah tahajud buat mempermudah mendapatkan rezeki, jadi karena seorang itu dipercayai dan juga dihormati orang dan juga doanya dikabulkan. begitu pila dengan shalat dhuha.

firman allah dalam hadits qudsi,

“wahai anak adam, jangan sekali - kali engkau malas mengerjakan 4 rakaat pada permulaan siang (shalat dhuha) , nanti tentu hendak saya cukupkan keperluanmu pada petang harinya. ” (hr. angkatan laut (AL) hakim dan juga thabrani).




(sumber: beritaterbaruhariini. id)

wdcfawqafwef