Niat dan Keutamaan Puasa Dzulhijjah

Untuk kamu yang lagi mencari ketahui menimpa keutamaan puasa dzulhijjah dan juga niatnya secara lengkap, ikuti penjelasan berikut. puasa dzulhijjah merupakan puasa yang dilaksanakan pada bulan dzulhijjah, puasa ini bukan puasa harus. puasa dzulhijjah dilaksanakan pada 10 hari kesatu di bulan dzulhijjah, ialah mulai dari bertepatan pada 1 hingga bertepatan pada 10. 10 hari kesatu di bulan dzulhijjah merupakan hari amat mulia, terdapat banyak keutamaan di dalam hari tersebut. untuk kamu yang mengerjakan puasa ataupun amalan saleh lain di hari tersebut hingga hendak memperoleh berkahnya.

dalam hadits riwayat al - bukhari disebutkan kalau tidak terdapat amalan saleh yang lebih disukai allah dibandingkan amalan saleh yang dicoba di 10 hari kesatu bulan dzulhijjah.

hadits riwayat ibnu abbas kalau rasulullah saw bersabda:
مَا الْعَمَلُ فيِ أَيَّامٍ أَفْضَلُ مِنْهَا فيِ هذَا الْعَشْرِ، قَالُوْا وَلاَ الْجِهَادُ؟ قَالَ: وَلاَ الْجِهَادُ إِلاَّ رَجُلٌ خَرَجَ يُخَاطِرُ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ فَلَمْ يَرْجِعْ بِشَيْءٍ

maksudnya : “tidaklah terdapat amalan yang dicoba pada hari - hari lain yang lebih baik daripada yang dicoba pada 10 (10) hari ini. ” para teman bertanya lagi, “tidaklah pula dengan jihad? ”beliau menanggapi, “tidak pula jihad, kecuali seseorang lelaki yang keluar dengan jiwa dan juga hartanya kemudian dia tidak berulang dengan bawa whatever. ” [hr. al - bukhari (969).

langsung aja, ini ia keutamaan puasa dzulhijjah yang mampu kamu tahu:

1. 1 dzulhijjah
untuk kamu yang mengerjakan puasa pada bertepatan pada 1 dzulhijjah hingga hendak diampuni dosanya.

2. 2 dzulhijjah
siapa aja yang mengerjakan puasa dzulhijjah pada bertepatan pada 2 dzulhijjah hingga hendak memperoleh ganjaran. ganjaran tersebut ialah sebagaimana ganjaran orang yang berpuasa sepanjang 1 tahun tanpa melaksanakan maksiat.

3. 3 dzulhijjah
pada hari itu, siapa aja yang mengerjakan puasa hingga allah hendak mengabulkan doa - doanya.

4. 4 dzulhijjah
untuk siapa yang mengerjakan puasa dzulhijjah pada hari itu hingga allah hendak menyirnakan kesulitan, fakir dan juga melarat. dan nanti di hari akhir hendak dihimpun berbarengan orang mulia, baik dan juga terhormat.

5. 5 dzulhijjah
keutamaan puasa dzulhijjah pada hari itu ialah hendak dilepaskan watak munafik dan juga pula siksa kubur darinya.

6. 6 dzulhijjah
untuk kamu yang mengerjakan puasa dzulhijjah pada hari tersebut hingga hendak dikasih rahmat untuknya. dan memperoleh kasih sayang dan juga pula tidak hendak dikasih azab untuknya.

7. 7 dzulhijjah
keutamaan puasa dzulhijjah bagi sunnah dalam islam pada hari tersebut ialah hendak dihindarkan 30 pintu kemelaratan untuknya. dan hendak dibukakan 30 pintu kemudahan menurutnya oleh allah swt.

8. 8 dzulhijjah
pada hari tersebut, untuk kamu yang mengerjakan puasa dzulhijjah hingga hendak memperoleh pahala yang tidak terhingga.

9. 9 dzulhijjah
dalam fiqh ibadah, pada hari tersebut untuk siapa aja yang berpuasa dzulhijjah hingga allah hendak mengampuni dosanya sepanjang 1 tahun yang kemudian dan juga 1 tahun saat ini.

10. 10 dzulhijjah
keutamaan puasa dzulhijjah bagi sunnah rasulullah saw cuma hendak kamu peroleh mulai dari bertepatan pada 1 sampai 9 dzulhijjah aja. pada bertepatan pada 10 dzulhijjah diharamkan untuk kamu berpuasa pada hari tersebut karna menggambarkan hari raya idul adha ataupun hari raya kurban.

sama halnya dengan puasa senin kamis dan juga puasa rajab. puasa dzulhijjah merupakan puasa yang amat diajarkan untuk kamu umat muslim yang tidak mengerjakan ibadah haji. ibadah haji merupakan ibadah yang diharuskan untuk tiap umat muslim yang sanggup, baik secara modul maupun raga. sedangkan untuk kamu yang tidak sanggup hingga tidak diharuskan buat mengerjakan ibadah haji. tetapi untuk kamu yang tidak mengerjakan ibadah haji hingga diajarkan buat mengerjakan puasa dzulhijjah. puasa sunah tersebut mampu dikerjakan mulai dari bertepatan pada 1 sampai bertepatan pada 9 dzulhijjah. sedangkan untuk jamaah haji tidak diajarkan buat mengerjakannya.

untuk kamu yang mau memperoleh keutamaan puasa dzulhijjah, kamu mampu mengerjakan puasa dzulhijjah. buat niatnya seorang diri ialah:

hasrat puasa arafah bertepatan pada 1 – 7 dzulhijjah

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ ذِي الْحِجَّةِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

“nawaitu shauma syahri dhilhijati sunnatan lillahi ta’aala”

maksudnya: “aku bernazar puasa sunah di bulan dzulhijjah karna allah ta’ala”

hasrat tersebut merupakan hasrat puasa dzulhijjah yang dikerjakan pada bertepatan pada 1 sampai bertepatan pada 7 dzulhijjah.

hasrat puasa arafah bertepatan pada 8 dzulhijjah
sedangkan hasrat puasa bertepatan pada 8 dzulhijjah ialah:

نَوَيْتُ صَوْمَ التَّرْوِيَةَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

“nawaitu shaumat tarwiyata sunnatan lillahi ta’aala”

maksudnya: “aku bernazar puasa sunah tarwiyah karna allah ta’ala”

hasrat puasa arafah bertepatan pada 9 dzulhijjah
sebaliknya hasrat puasa pada bertepatan pada 9 dzulhijjah ialah:

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

“nawaitu shauma ‘arofata sunnatan lillahi ta’aala”

maksudnya: “aku bernazar puasa sunah arafah karna allah ta’ala”

puasa pada bertepatan pada 9 dzulhijjah pula diketahui bagaikan puasa arafah. untuk kamu yang mau mengerjakan puasa dzulhijjah dan juga memperoleh keutamaan puasa dzulhijjah tersebut, niatlah karna allah ta’ala. puasa sunah tersebut dimulai dengan hasrat, kamu mampu melafalkan hasrat tersebut. hendak namun sesungguhnya melafalkan hasrat hukumnya merupakan sunah, sedangkan hasrat lebih baik diucapkan di dalam hati. kerjakanlah puasa sunah di bulan dzulhijjah, sesungguhnya bulan dzulhijjah tercantum salah satu bulan istimewa. di mana terdapat banyak keutamaan untuk kamu yang mengerjakan amalan saleh di bulan istimewa tersebut.

salah satu keutamaan mengerjakan amalan saleh di bulan dzulhijjah ialah hendak memperoleh berkah dari allah swt. tidak hanya itu, pahala pula hendak dilipatgandakan dan juga masih terdapat banyak lagi keutamaan bulan dzulhijjah. serupa yang sudah disebutkan, hari yang amat mulia merupakan 10 hari kesatu di bulan dzulhijjah. jadi perbanyaklah mengerjakan amalan saleh pada hari tersebut buat memperoleh ganjarannya. salah satunya ialah mengerjakan puasa dzulhijjah yang mempunyai banyak keutamaan. terdapat banyak keutamaan puasa dzulhijjahbagi kamu yang mengerjakan puasa dzulhijjah karna allah swt.





(sumber: webislami. com)

0 Response to "Niat dan Keutamaan Puasa Dzulhijjah"

Posting Komentar

wdcfawqafwef