Mungkin Setelah Membaca Ini Anda Tidak Akan Meninggalkan Sholat Subuh

Salah satu shalat yang berat dilaksanakan untuk sebagian besar kalangan muslim, spesialnya pria berusia ini, merupakan shalat subuh secara berjamaah. sementara itu, apabila memandang kepada keutamaannya, malah shalat subuh berjamaah mempunyai banyak keutamaan yang luar biasa.


inilah keistimewaan sholat shubuh:

1. memperoleh berkah dari allah swt.



shalat subuh berjamaah berpeluang memperoleh berkah dari allah ta’ala. karena, kegiatan yang dilaksanakan pada waktu pagi, terlebih kegiatan harus dan juga dilaksanakan berjamaah serupa shalat subuh, telah didoakan supaya memperoleh berkah.

2. memperoleh sinar yang sempurna pada hari kiamat.



keadaan pada waktu subuh lazimnya masih hitam, walaupun dengan penerangan listrik yang terdapat. tetapi, dengan keadaan serupa seperti itu malah ada ganjaran yang besar dari allah ta’ala untuk manusia - manusia yang mengarah masjid buat melakukan shalat dengan sinar yang sempurna di hari kiamat nanti.

3. memperoleh ganjaran shalat malam sepenuh waktunya.



bisakah kita melaksanakan shalat malam ataupun tahajud sepenuh malam? tentu amat susah dengan bermacam - macam kegiatan siang hari yang pula wajib kita kerjakan. tetapi demikian, pahala melaksanakan shalat malam sepenuh waktu malam nyatanya dapat kita miliki dengan melaksanakan shalat subuh secara berjamaah.

4. berposisi dalam jaminan allah swt.



maksudnya, orang yang melakukan shalat subuh dengan sempurna, antara lain dengan melaksanakannya berjamaah, hingga ia berposisi dalam jaminan dan juga proteksi allah azzawajalla. , dengan begitu, siapa yang berposisi dalam proteksi allah, orang itu tidak boleh disakiti, orang yang berani mencelakakannya terancam dengan azab yang pedih, karena ia telah melanggar proteksi yang allah bagikan kepada orang tadi.

5. dibebaskan dari watak orang munafik.



siapakah dari kita yang dapat menjamin kalau pribadinya telah suci dari penyakit kemunafikan? bukankah dulu para tokoh salaf, yang notabene keimanannya lebih baik daripada kita, tetap cemas dan juga takut terjangkiti watak kemunafikan? lalu, tidakkah kita sepatutnya lebih layak buat takut terhadap keadaan kita berusia ini? terlebih hidup dalam dunia dengan godaan yang demikian banyak menerpa. shalat subuh secara berjamaah merupakan salah satu upaya yang dapat kita tempuh supaya dapat bebas dari terkena penyakit kemunafikan itu.

6. jamaah shalat subuh dipersaksikan oleh malaikat.



dalam hadits yang diriwayatkan oleh abu hurairah radhiallahu ‘anhu, rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

“­malaikat bergantian memandang kamu pada siang dan juga malam. para malaikat itu berjumpa di shalat subuh dan juga shalat ashar. setelah itu yang bermalam dengan kamu naik (ke langit) dan juga ditanya oleh rabb mereka, dan juga ia lebih ketahui kondisi hamba - hambanya, gimana keadaan hamba - hambaku kala kamu tinggalkan? ’ para malaikat menanggapi, ‘kami meninggalkan mereka dalam kondisi shalat, dan juga kami menghadiri mereka dalam kondisi shalat. ” (hr. bukhari - muslim)

7. berpeluang memperoleh pahala haji ataupun umrah apabila berzikir sampai terbitnya matahari.



dapat dibayangkan betapa besar ganjaran pahala yang didapatkan apabila menggunakan peluang tersebut dengan sebaik - baiknya. dasar dari perihal ini merupakan penjelasan dari anasibn malik radhiallahu ‘anhu, dari rasulullah shallallahu alaihi wasallam yang bersabda:

“barang siapa yang shalat subuh berjamaah setelah itu ia duduk berzikir kepada allah sampai matahari terbit, lalu shalat 2 rakaat, hingga menurutnya serupa pahala haji dan juga umrah, yang sempurna, sempurna, sempurna. ” (hr. tirmidzi)

8. peluang buat melakukan shalat sunah subuh.



peluang lain yang dapat didapatkan dengan mengupayakan shalat subuh secara berjamaah merupakan shalat sunah subuh 2 rakaat. shalat sunat subuh 2 rakaat ini memiliki kelebihan tertentu yang disebutkan dalam hadits.

9. keselamatan dari siksa neraka.



keselamatan dari siksa neraka berarti berita gembira tentang masuk surga. ganjaran ini pastinya berlaku untuk yang melakukan shalat subuh secara sempurna (berjamaah). ayo perhatikan hadits berikut:

dari umarah radhiallahu ‘anhu mengatakan, “aku mendengar rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda, ‘tidak hendak masuk neraka seseorang yang shalat saat sebelum terbitnya matahari (subuh) dan juga terbenamnya matahari (ashar). ” (hr. muslim).

10. kemenangan dengan memandang allah swt pada hari kiamat nanti.



pastinya perihal ini menggambarkan ganjaran terbanyak yang dikaruniakan allah kepada hamba - nya.
dari jarir bin abdullah al - bajali radhiallahu ‘anhu mengatakan, “kami sempat duduk berbarengan rasulullah shallallahu alaihi wasallam, setelah itu dia memandang ke bulan di malam purnama itu,

rasulullah bersabda, ‘ketahuilah kalau sebetulnya kamu hendak memandang kepada rabb kamu sebagaimana kamu memandang kepada bulan ini. kamu tidak terhalangi melihatnya. apabila kamu sanggup buat tidak meninggalkan shalat saat sebelum terbitnya matahari dan juga saat sebelum terbenamnya, hingga lakukanlah! ” (hr. bukhari - muslim).

perjuangan berat buat melakukan sholat subuh, walaupun cuma 2 raka’at namun buat bangun sangat susah memerlukan extra perjuangan. terlebih lagi kala mengarah masjid dengan menembus hawa dingin mereka jalani karna mereka tau betapa agung peran sholat harus 2 rakaat, tetapi sebagian orang hendak menikmati buaian setan dalam tidurnya. gimana dengan kita? ? marilah mulai dikala ini berjuang melawan kemalasan dan juga bangun subuh mengarah masjid buat menemukan raport bagus, kapan lagi tidak terdapat waktu lagi.




(sumber: wajibbaca. com)

wdcfawqafwef