Dengan Sholat Hutang Bisa Lunas, Ini Penjelasannya

Shalat menggambarkan ibadah yang diharuskan allah swt kepada kita umat islam. jumlahnya terdapat 5 waktu dalam satu hari. ibadah shalat ini menggambarkan salah satu rukun islam yang kedua sehabis syahadat. menariknya ibadah shalat ini merupakan menggambarkan ibadah yang tidak dapat diwakilkan. kamu tidak dapat shalat dengan berdiri, hingga shalatlah dengan duduk, tidak dapat dengan duduk, hingga shalatlah dengan tiduran, begitu seterusnya, barulah dikala kamu mati, baru gugur kewajiban ibadah ini. ini berubah dengan puasa ramdhan, kamu tidak sanggup puasa di bulan ramadhan karna dalam ekspedisi ataupun halangan lain, hingga mampu kamu ubah di hari yang lain, dan juga bila kamu tidak sanggup mengubahnya di hari yang lain, hingga boleh mengubahnya dengan membayar fidyah.

terdapat perihal lain yang istimewa dari ibadah shalat ini, perintah buat shalat ini di informasikan langsung oleh allah swt sewaktu nabi muhammad saw melakukan isra’ mi’raj. di informasikan kepada nabi muhammad saw secara langsung dari allah swt tanpa lewat malaikat jibril. ini berubah dengan ibadah - ibadah yang lain yang perintahnya turun lewat malaikat jibril dan juga alquran. tentu aja ini memiliki keistimewaan tertentu. sampai - sampai di dalam alquran, allah swt menarangkan kalau shalat itu lebih utama dari ibadah yang lain. perhatikan ayat berikut ini:

maksudnya: bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, ialah angkatan laut (AL) kitab (alquran) dan juga dirikanlah shalat. sebetulnya shalat itu menghindari dari (perbuatan - perbuatan) keji dan juga mungkar. dan juga sebetulnya mengingat allah (shalat) merupakan lebih besar (keutamaannya dari ibadat - ibadat yang lain). dan juga allah mengenali apa yang kalian kerjakan. (qs. angkatan laut (AL) ‘ankabuut: 45)

cerminan menimpa shalat di atas sudah banyak dikenal khalayak universal, tetapi, shalat buat melunasi utang merupakan suatu yang menarik dan juga bisa jadi tidak banyak yang ketahui. buktinya, dikala kita berutang dan juga tidak sanggup melunasinya, hingga lazimnya kita “lari” ke bank, ataupun lembaga riba yang lain, buat menutup utang. kenapa tidak memakai shalat buat melunasi utang? ya, karna tidak ketahui.

gimana bisa jadi shalat mampu melunasi utang. berapa banyak yang mampu dilunasi oleh shalat, jutaan, puluhan juta, ratusan juta ataupun milyaran? (tidak bisa jadi hingga trilyun - an, aku sama sekali tidak yakin kamu memiliki utang hingga trilyun - an, maaf)

sesungguhnya shalat merupakan kunci senang baik kehidupan di dunia ataupun akhirat. shalat merupakan kunci penyelesaian dari seluruh masalah - masalah kamu yang rumit.

kesusahan hidup kamu, masalah - masalah rumit kamu, utang - utang kamu yang terus menjadi menumpuk dan juga permasalahan rumit yang lain mampu tuntas dan juga berbeda jadi kebahagiaan cuma dengan shalat. menarik ya!

contoh:

kamu mempunyai utang yang melebihi keahlian bayar kamu, hingga, shalatlah, hingga utang kamu hendak lunas.

benarkah? semudah itu?

jangan senyum sinis begitu. biasa aja mukanya.

orang yang “sedikit cerdas” hendak menyindir dengan persoalan, dapatkah kita membayar utang dengan shalat? bukannya membayar utang itu wajib dengan duit bro!

pas sekali mas bro, kamu wajib membayar utang dengan duit, bukan dengan shalat, karna kamu utang duit. itu pemikiran yang ampuh sekali dan juga benar anak tk tidak sanggup berpikir serupa kamu. hehhee…damai bro.

itu benar, tetapi, sempatkah kamu berpikir, dari mana sesungguhnya kamu dapat mendapatkan duit buat membayar utang? allah, cuma allah swt yang membagikan kita rezeki, tercantum rezeki duit. dan juga cuma allah swt yang berkuasa melapangkan dan juga menyempitkan rezeki siapapun yang dikehendakinya. shalat merupakan jalur yang disebutkan di dalam alquran buat mendatangkan pertolongan allah swt kepada kita.

melunasi utang merupakan dengan dengan duit, dan juga duit itu datangnya dari allah swt. itu poinnya.

kemudian, orang orang yang sedikit pintar tadi hendak keluhan, apa bisa jadi sehabis shalat seketika allah swt menjatuhkan koper berisi duit dari langit, itu tidak bisa jadi bbroooww… ! ! !

luar biasa, itu pemikiran yang luar biasa sekali, bisa jadi begitu hampir respon aku bila aku pak mario teguh.

allah swt merendahkan rezeki kepada kita setimpal dengan kehendak allah swt. baik jumlah ataupun triknya. ini yang bisa jadi belum kamu sadari. triknya dapat dari jalur yang tidak kita duga - duga, jumlah duit yang kamu butuhkan berapapun itu bahkkan ratusan milyar sekalipun, allah swt sanggup melunasinya kapanpun allah swt menghendaki. tugas kamu merupakan memantaskan diri biar allah swt berkehendak menolong kamu. bila kamu tidak ingin memohon tolong kepada allah swt kemudian ingin lari kemana kamu. kamu membutuhkankeajaiban, dan juga cuma allah swt yang sanggup membagikan keajaiban yang kamu butuhkan itu. datangkanlah keajaiban itu dengan shalat.

perhatikan firman allah swt berikut ini:

maksudnya: jadikanlah tabah dan juga shalat bagaikan penolongmu. dan juga sebetulnya yang demikian itu begitu berat, kecuali untuk orang - orang yang khusyu’ (qs. angkatan laut (AL) baqarah: 145)

dalam melunasi utang yang kamu tidak sanggup melunasinya, hingga memohon tolonglah kepada allah swt dengan tabah dan juga shalat. ini merupakan trik yang diberitahukan allah swt kepada kita.

bila allah yang sudah membantu kita, hingga siapa yang mampu menghalanginya.

maksudnya: bila allah membantu kalian, hingga tidak merupakan orang yang mampu mengalahkan kalian; bila allah membiarkan kalian (tidak berikan pertolongan) , hingga siapakah gerangan yang mampu membantu kalian (tidak hanya) dari allah seusai itu? karna itu hendaklah kepada allah aja orang - orang mukmin bertawakkal. (qs. ali ‘imran: 160)

bila allah swt sudah berkehendak membantu kamu hingga utang kamu hendak lunas berapapun nilainya. jadikanlah shalat bagaikan fasilitas buat mendatangkan pertolongan allah swt, dan juga bersabarlah sehabis itu. buktikan kepada allah swt kalau kamu bersungguh - sungguh memohon tolong cuma kepadanya aja. allah swt itu esa, allah swt tidak mau dipersekutukan, jadi, memohon tolonglah cuma kepadanya aja.

shalatlah dengan tertib dan juga bersabar buat terus shalat, kemudian perhatikanlah, dapat jadi bisnis kamu mulai menciptakan, ataupun kamu menciptakan partner bisnis baru, ataupun penagih mulai melunak, ataupun jalan - jalan lain yang kita tidak duga sebelumnya. begitu allah swt memahami seluruh jiwa dan juga seluruh perbendaharaan harta, dia - lah allah swt yang maha kuasa atas segala - galanya. terimalah pertolongan allah swt dan juga bersyukurlah.




(sumber: ukhtiindonesia. com)

wdcfawqafwef