6 Amalan yang Pahalanya Setara dengan Pahala Beribadah Haji

untuk mereka yang sanggup dalam perihal modul, raga dan juga mental, tentulah amat gampang. tetapi, untuk mereka yang belum sanggup ataupun tidak sanggup, tentu perihal ini dirasa sangat susah. tetapi, kita tidak butuh takut, karena allah maha pemurah. allah pula membagikan sebagian amalan yang bila kita jalani, pahalanya hendak setara ataupun sebesar dengan pahala beribadah haji.

6 amalan yang pahalanya setara dengan pahala haji

keluar rumah buat sholat fardhu di masjid (mushola) dalam keadaan bersuci.

dari abu umamah, rasulullah saw bersabda, " sesiapa keluar dari rumahnya dalam kondisi bersuci buat menunaikan sholat fardhu, pahalanya serupa pahala haji orang berihram. " (hr. abu daud).

sholat berjamaah di masjid (mushola) setelah itu duduk berdzikir hingga matahari terbit kemudian sholat 2 rakaat.

dari anas bin malik, rasulullah saw bersabda, " sesiapa sholat subuh berjamaah kemudian berdzikir (mengingat) allah hingga terbit matahari setelah itu sholat 2 rakaat, hingga menurutnya pahala serupa pahala haji dan juga umrah yang sempurna, sempurna, sempurna. " (hr. tirmidzi).

dalam hadist lain, dari abu umamah dan juga utbah bin abd, rasulullah bersabda, " sesiapa sholat subuh dalam suatu masjid secara berjamaah kemudian tinggal di dalamnya sampai dia sholat dhuha, hingga dia memperoleh pahala serupa pahalanya orang haji dan juga umroh, yang sempurna haji dan juga umrohnya. "

menekuni ataupun mengarahkan kebaikan di masjid.

dari abu umamah, nabi saw bersabda, " sesiapa berangkat ke masjid, ia tidak menginginkan kecuali menekuni sesuatu kebaikan ataupun mengajarkannya, hingga menurutnya pahala serupa pahala orang haji yang sempurna hajinya. "

melakukan sholat fardhu berjamaah dan juga sholat dhuha di masjid.

dari abu umamah, rasulullah bersabda, " sesiapa berjalan mengarah berjamaah sholat harus, hingga ia serupa berhaji. dan juga sesiapa berjalan mengarah sholat tathawwu (sunnah) hingga ia serupa berumroh yang nafilah (sebutan lain sunnah). "
dalam hadist yang lain, rasulullah bersabda, " sesiapa keluar dari rumahnya dalam kondisi sudah bersuci buat sholat fardhu hingga pahalanya serupa pahala orang haji yang berihram, dan juga barangsiapa keluar sholat dhuha ia tidak bermaksud kecuali itu, hingga pahalanya serupa pahala orang yang berumroh. dan juga sholat seusai sholat yang tidak terdapat perbuatan percuma di antara keduanya ditulis di kitab illiyyin. " (hr. abu daud)

umroh di bulan ramadhan.

nabi saw bersabda, " umroh pada bulan ramadhan itu seperti haji bersamaku. " dalam satu riwayat, rasulullah saw bersabda kepada seseorang perempuan anshar, " apa yang menghalangimu buat turut berhaji berbarengan kami? " dia menanggapi, " kami tidak mempunyai kendaraan kecuali 2 ekor unta yang digunakan buat mengairi tumbuhan. ayah dan juga anaknya berangkat haji dengan satu ekor unta dan juga meninggalkan satu ekor lagi buat kami yang dipakai buat mengairi tumbuhan. " nabi saw bersabda, " apabila tiba ramadhan, berumrohlah. karna sebetulnya umroh di dalamnya menyerupai ibadah haji. " (amati shahih: shahih at - targhib, 1117).

mengurus keluarga yang ditinggalkan berangkat haji dan juga berikan makan orang yang berbuka puasa.

nabi saw bersabda, " sesiapa yang mempersiapkan bekala buat orang yang hendak berjihad, ibadah haji, memadai keluarga yang ditinggalkan ataupun berikan makan orang yang berbuka puasa, hingga dia memperoleh pahala serupa pahala mereka tanpa kurangi pahala mereka sedikit juga. " (amati shahih: shahih at - targhib, 1078)

demikianlah sebagian amalan yang bila dikerjakan pahalanya setara dengan pahala haji. untuk kita yang belum berkesempatan buat berhaji, hendaknya buat mengerjakan amalan - amalan di atas secara istiqomah sembari bernazar buat lekas dimampukan berangkat menunaikan ibadah haji yang sebetulnya. aamiin yaa rabbal alamiin.





(sumber: wajibbaca. com)


0 Response to "6 Amalan yang Pahalanya Setara dengan Pahala Beribadah Haji"

Posting Komentar

wdcfawqafwef